CARA MEMBUAT HAND SANITIZER SENDIRI | CURHAT VIRUS COVID 19

Di tengah permasalahan Virus Covid 19 yang semakin merebak dan banyak memakan korban jiwa. Mulai diterapkannya Work From Home (WFH), sekolah diliburkan dan anak-anak belajar di rumah, menghindari keramaian, jaga jarak (social distancing), himbauan untuk tetap di rumah aja, untuk memakai masker bagi orang yang sehat juga dan sering-sering mencuci tangan.

Masyarakat menjadi kalang kabut dan banyak dari mereka yang berbelanja secara berlebihan karena takut tidak dapat persediaan pangan, memborong masker khusus untuk paramedis bahkan hand sanitizerpun telah habis di pasaran sehingga semakin sulit untuk mencari.

Seharusnya kita berlaku bijak dalam menanggapi masalah virus ini. Jangan sampai karena kita ingin menyelamatkan diri sendiri dengan memborong semuanya, masyarakat menengah ke bawah tidak mendapatkan apa-apa lagi karena keegoisan kalian.

Ini sedikit curahan hati saya. Semoga kalian semua semakin bijak dalam menghadapi pandemi Covid 19. Kelangkaan hand sanitizer pun menjadi masalah. Karena masih banyak di antara kita yang mengharuskan untuk tetap bekerja di luar rumah. Dan sangat membutuhkan pembersih tangan. Apalagi kita di haruskan untuk sering-sering mencuci tangan.

Mencuci tangan yang paling baik adalah menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Dengan menggunakan sabun dapat melarutkan membran lemak virus sehingga bisa menghancurkan virus atau mematikannya. Tidak cukup hanya menggunakan air saja harus menggunakan sabun juga. Sedangkan hand sanitizer tidak dapat dengan mudah menjangkau sela-sela jari kita meskipun sudah kita gosok-gosok. Makanya dianjurkan penggunaan hand sanitizer hanya boleh digunakan saat mendesak seperti kita di luar rumah dan sulit mencari air mengalir untuk mencuci tangan.

Hari ini, saya aku memberikan cara untuk kita yang kesulitan mencari hand sanitizer dan dapat membuatnya sendiri. Tapi, sekali lagi saya tekankan untuk lebih baik menggunakan sabun dan air mengalir ketika mencuci tangan. Sedangkan hand sanitizer hanya option ketika kita tidak ada pilihan seperti telah saya jelaskan di atas.
Bahan yang kalian butuhkan untuk membuat hand sanitizer sendiri:

- Gel Aloe Vera sebanyak 30ml
- Alkohol 70% sebanyak 50 ml
- Wadah kaca untuk mencampur bahan
- Botol semprot untuk menaruh hand sanitizer

Langkah pertama, ambil bowl dan masukkan alkohol lalu tambahkam gel aloe vera. Lalu di aduk rata setelah itu kalian bisa langsung memasukkannya ke dalam botol semprot. Dan hand sanitizerpun sudah jadi. Memang cukup mudah membuatnya.

Sebaiknya kalian tidak perlu menambahkan bahan lainnya karena lebih baik gunakan bahan-bahan yang di atas saja. Ini cara mudah untuk kita membuatnya di saat kelangkaan hand sanitizer di pasar.
Semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Tetap jaga kesehatan kita dan keluarga kita. Ikuti himbauan Pemerintah dan jangan keluar rumah untuk kumpul-kumpul dengan teman-teman. Karena penyebaran lebih cepat ditularkan dari anak muda. Dan sebaiknya orang tua melarang anak-anak untuk keluyuran di luar rumah. Dan tetap #dirumahaja #gunakanmaskerdiluarrumah

Love,

Merlyn

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Tentang "SEMUA" di umur 20-an (Part 2)

(REVIEW) MASCARA SIS2SIS VS MOKO MOKO

Review Wardah Aloe Hydramild Multifunction Gel Kemasan Baru